Sabtu, 23 November 2013

UGM Terus Riset Teknologi Baterai Untuk Mobil Listrik Nasional

KBRN, Yogyakarta: Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., dalam acara ujicoba kendaraaan listrik oleh Kementrian Riset dan Teknologi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengatakan UGM sendiri saat ini tengah mengembangkan riset mengenai teknologi baterai untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik nasional.

“Sesuai apa yang disampaikan pak Menristek bahwa kita butuh teknologi untuk memproduksi baterai yang semakin kecil tapi semakin besar kapasitasnya, para peneliti UGM juga sudah melakukan berbagai riset bagaimana bisa menghasilkan baterai dengan ukuran lebih kecil, ringan dan memiliki kapasitas energi lebih kuat,” ungkap Pratikno di halaman Gedung Pusat UGM, Jumat (22/11/2013).

Pratikno juga menjelaskan bahwa UGM sendiri tengah menginisiasi penelitian dan pengembangan riset dalam bidang otomotif mendirikan Innovation Center for Automotive (ICA) atau Pusat Inovasi Otomotif. Hal ini tentunya akan semakin memprovokatif Universitas lainnya untuk menciptakan berbagai teknologi di bidang otomotif untuk kemajuan IPTEK Indonesia.

“Penelitian tentang baterai mobil listrik ini sudah memasuki tahap akhir penelitian, rencananya pada tahun 2014, UGM akan meluncurkan teknologi baterai mobil listrik buatan peneliti UGM tersebut dan tentunya kami berharap riset baterai bisa jadi lompatan baru teknologi nasional, sehingga bisa bersaing dengan produk internasional,” terangnya.

Untuk realisasi dalam waktu dekat adalah dipergunakannya mobil listrik berbentuk mobil golf untuk civitas UGM, dan rencananya juga akan bekerjasama dengan pemerintah Yogyakarta untuk memproduksi bus listrik untuk kebutuhan transportasi area Yogyakarta.

“Semoga dalam waktu dekat ini kita bisa melaunching mobil golf UGM untuk transportasi area kampus, dan rencana kedepannya ada bus listrik untuk kota Yogyakarta,” tutup Rektor UGM. (LL/AKS)
http://rri.co.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© WELCOME
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top