Jumat, 07 Desember 2012

mengembangkan ide pada saat menulis...........

Apa itu ide? Ide merupakan gagasan yang timbul sebagai hasil dari proses berpikir kreatif. Artinya, sebuah ide hanya bisa muncul saat kita keluar dari rutinitas berpikir yang itu-itu saja. Istilah kerennya adalah thinking out of the box.

Berpikir kreatif dimulai dengan sikap kita yang rajin mengamati keadaan sekeliling. Anda bisa mengamati perilaku konsumen, strategi perusahaan lain baik di industri yang sama ataupun berbeda, dan juga membiasakan diri membaca buku atau melihat film yang inspiratif. Seringkali dari sana timbul ide untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Ide?

Gimana sih biar ngga berlama-lama terjebak dalam lingkaran hitam bagi para penulis ini? Gue yakin banget yang namanya ide itu selalu timbul dengan sendirinya ketika kita lagi berada dalam keadaan ideal, maksudnya segala yang dibutuhkan oleh otak ini terpenuhi. Nah, gimana sih menciptakan keadaan ideal untuk otak kita ini? Yuk, ikutin beberapa tips versi Gue yang udah Gue pisahin ke dalem dua lingkup, yaitu internal dan eksternal. Pertama-tama Gue list dulu faktor internalnya :

1.         Kendalikan emosimu. Makna mengendalikan emosi ini maksudnya adalah mengontrol perasaan yang lagi kita rasain biar nggak berlebihan. Seneng boleh tapi jangan berlebihan, soalnya nanti jadi terlena dan lupa sama tujuan awal kalian menulis sampe akhirnya ngga nemu ide baru. Marah boleh tapi juga jangan berlebihan, soalnya bakal menghilangkan pikiran sehat kalian, jadinya ngga bisa mikirin ide lagi. Hal yang sama juga terjadi sama si sedih. Intinya, jangan berlebih-lebihan dalam menunjukkan emosimu.

2.,       Berpikir positif. Bayangkan kejadian-kejadian menarik yang bakalan terjadi pada diri kita setelah kita menulis. Misalnya, kalo kalian adalah blogger, bayangkan aja kalo setelah nulis kalian bakalan dihujani sama ribuan visitor baru, atau kalo kalian novelis, bayangkan kalo hasil tulisan kalian bakalan jadi best seller di Indonesia. Bayangkan kalian bakalan jadi terkenal. Eh, tapi jangan berlebihan juga loh, yang pas itu berpikir positifnya seperti ini, "bayangkan ekspresi senang para pembaca saat membaca tulisan kalian." Wow, ini bener-bener membangkitkan energi dan kalian bakalan langsung siap untuk mengerahkan segala kemampuan.

 3.     .Jangan tegang, just relax! Biasanya kita bakalan ngerasa tegang kalo apa yang kita mau tulis punya deadline yang udah mau jatuh tempo. Gara-gara mikir takut telat, akhirnya malah nggak bisa konsentrasi dan ngga bisa menghasilkan tulisan apa pun. Boro-boro mau nulis bagus, mau nulis kalimat pembuka aja bingungnya bukan main. Merasa tulisannya selalu jelek dan kemudian dihapus dan dihapus lagi. Makanya, cukupkan niat, hirup napas dalem-dalem, tenangkan pikiran kalian sesaat, persis kayak Yoga, tapi kecil-kecilan aja sebelum memulai aktivitas menulis kalian.

4.      Fokuslah. Maksudnya adalah fokuskan pada apa yang mau kalian tulis. Jangan mikir hal-hal lain dulu, pokoknya pikirin apa yang mau kalian tulis dulu. Kalo tadi siang secara nggak sengaja kalian jalan ke mall terus mergokin pacar lagi jalan berdua sama cowok atau cewek lain, hilangkan dulu pikiran-pikiran itu. Fokuslah sama apa yang mau kalian tulis. Kalo tulisan kalian belom selesai, jangan lakuin kerjaan lain dulu.

5.         Jangan buat diri kalian merasa terlalu lelah. Kalo kerjaan kalian banyak banget emang nggak bisa menghindari rasa lelah. Dan kalo badan udah lelah, pikiran juga bakalan melayang-layang. Nah, salah satunya supaya ide bisa mengalir dengan lancar adalah beristirahat dengan cukup. Makanya buat yang terlalu sering begadang, coba dikurangin begadangnya.

6.         Jadilah extrovert (minimal semi-extrovert). Kata siapa menulis adalah kerjaan sang introvert? SALAH! Menulis itu yah, semakin kalian mendapatkan banyak temen ngobrol bakalan semakin mengembangkan pola pikir kalian. Jadi, buat kalian yang introvert dan merasa bisa melarikan diri dari kejamnya dunia dengan cara menulis, kalian salah besar. Makanya, hari gini introvert? Gak gaul banget. Ayo dilatih skill bersosialisasinya. Kalo sering ngobrol, kalian jadi bertukar pemikiran, bertukar pandangan, bertukar perasaan, eh, pokoknya termasuk juga ke dalamnya bertukar IDE!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© WELCOME
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top